Jumat, 25 Januari 2013

2 Kemungkinan Perpindahan Ibu Kota Indonesia


Wacana perpindahan ibu kota negara di Republik Indonesia, ternyata menjadi sebuah berita besar di berbagai media, baik media massa maupun media sosial. Mengingat perpindahan ibu kota negara merupakan sebuah hajat besar bagi kelangsungan sebuah negara di dalam membangun berbagai infrastruktur. Maka perpindahan ibu kota negara diharapkan dapat menjadi sebuah pemicu kebangkitan lebih baik lagi di tengah-tengah realita kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lalu muncul sebuah pertanyaan tentang perpindahan ibu kota negara, apakah ada kemungkinan ibu kota Indonesia dapat dipindahkan dari Jakarta ke daerah lain? tentu masih ada kemungkinan, dan ada 2 kemungkinan besar yang menjadi penyebab perpindahan ibu kota negara Indonesia dapat dipindahkan ke daerah lain, di antaranya:

Pertama: di saat Jakarta mengalami banjir secara terus menerus, tanpa ada solusi mengatasi banjir secara tepat sasaran. Sehingga mengakibatkan Jakarta tenggelam disebabkan banjir atau penurunan permukaan tanah. Maka berangkat dari sinilah Jakarta akan mengalami sebuah tragedi tenggelam yang sangat mengerikan, apabila banjir dan penurunan permukaan tanah tidak dapat teratasi secara baik. Maka perpindahan ibu kota menjadi sebuah kemungkinan besar yang tidak dapat terbantahkan lagi.

Kedua: kondisi keamanan Jakarta terganggu atau disebut dengan istilah: "darurat militer". Berangkat dari sinilah, berarti tidak ada kata lain, selain perpindahan ibu kota negara Indonesia, apabila kondisi Jakarta sedang mengalami situasi keamanan yang semakin memburuk dan menampakkan kekacauan di berbagai wilayah Jakarta, baik serangan dari luar maupun serangan dari dalam.

Sejarah besar bangsa Indonesia juga pernah mencatat sebuah perpindahan ibu kota Jakarta pada tanggal 4 Januari 1946, Soekarno dan Hatta dengan menggunakan kereta api, pindah ke Yogyakarta sekaligus pula memindahkan ibu kota negara. Karena melihat dari situasi dan kondisi keamanan di ibu kota Jakarta (Batavia) yang semakin memburuk dan tak bersahabat.

Dari dua kemungkinan besar tentang perpindahan ibu kota negara di Republik Indonesia dapat terjadi, dan sejarah besar juga pernah mencatat tentang perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Yogyakarta. Semua tak lepas disebabkan dari faktor keamanan yang menjadi penyebab utama perpindahan sebuah ibu kota negara. Berangkat dari sinilah berarti perpindahan ibu kota negara bukanlah sebuah bentuk hisapan jempol belaka, namun dapat benar-benar mampu menjadi sebuah kenyataan, apabila ada alasan yang kuat tentang sebab musabab perpindahan ibu kota negara dari Jakarta berpindah ke daerah lain.

Demi nama Allah SWT sang pencipta langit dan bumi. Demi Sang Penggenggam jiwa ini. Demi Dzat Yang jiwaku di tangan-Nya. Maka aku bersumpah!!, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah.

Salam dari kami Jejaring sosial kiber (www.kitaberbagi.com)........

0 komentar:

Poskan Komentar